Label

Mengenai Saya

Foto saya
aku tax bisa menilai diriku sendiri.." hanya orang lain yang tau aku ini bagaimana.." tapi aku akan berusaha untuk buat orang yang kenal ama aku bisa merasa nyaman, senang serta bangga kepadaku.. dan esensi hidupku adalah "berbagi itu indah, dan ku cari sebuah kualitas hidup bukan hanya kuantitas dan sebuah kesalahan adalah hal terindah bagiku karena ialah yang akan membuatku berubah menjadi lebih baik" ~~ kontak : twitter @sushii_sp , email: susilo.prasetyo35@yahoo.co.id , tumblr : http://susilopra.tumblr.com/

Senin, 02 September 2013

PENAWARAN (SUPPLY)

Haalloooo Bloggerss..
Hari ini aku pingin posting tentang penawaran. Bagi kalian yang membutuhkan silahkan dibaca. Chek it out guys.. :)

PENAWARAN (SUPPLY)
Penawaran adalah keseluruhan hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang akan dijual oleh produsen dalam kurun waktu tertentu, ceteris paribus.

Kuantitas penawaran (Quantity of supply) adalah jumlah barang atau jasa yang di jual oleh produsen dalam kurun waktu tertentu.

Hukum Penawaran (Law of supply) "Hipotesis dasar ekonomi adalah bahwa harga barang dan jumlah penawaran berhubungan positif, ceteris paribus. Ketika harga barang naik, maka kuantitas produk yang ditawarkan naik dan ketika harga  produk turun, kuantitas produk yang ditawarkan turun."

Tabel Penawaran (Supply table) yaitu tabel yang menjelaskan jumlah produk yang ditawarkan dengan harga produk, ceteris paribus.

Kurva Penawaran (Supply Curve) yaitu kurva yang menggambarkan hubungan jumlah barang yang ditawarkan dengan harga barang.

Pergerakan sepanjang kurva penawaran (Movements along  of the Supply Curve) terjadi ketika terjadi perubahan harga barang dari satu titik ke titik lain.

Pergeseran kurva penawaran (Shift in the supply curve) terjadi ketika terjadi perubahan jumlah barang yang ditawarkan karena faktor-faktor lain yang mempengaruhi, harga dibuat tetap.

Faktor-faktor yang mempengaruhi bergesernya kurva penawaran, yaitu :

1. Harga input
    Jika harga inpur naik maka jumlah penawaran akan turun, sehingga kurva akan bergeser ke kiri. Dan sebaliknya.
2. Teknologi
    Jika teknologi yang digunakan tinggi atau meningkat maka jumlah produksi pun akan meningkat pula, shingga jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan kurva penawaran akan bergeser ke kanan. Dan sebaliknya.
3. Ekspektasi
4. Jumlah penjual
    Jika jumlah penjual yang memasarkan produk yang ditawarkan meningkat maka jumlah penawaran barang pun meningkat, kurva penawaran akan bergeser ke kanan. Dan sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar