Label

Mengenai Saya

Foto Saya
aku tax bisa menilai diriku sendiri.." hanya orang lain yang tau aku ini bagaimana.." tapi aku akan berusaha untuk buat orang yang kenal ama aku bisa merasa nyaman, senang serta bangga kepadaku.. dan esensi hidupku adalah "berbagi itu indah, dan ku cari sebuah kualitas hidup bukan hanya kuantitas dan sebuah kesalahan adalah hal terindah bagiku karena ialah yang akan membuatku berubah menjadi lebih baik" ~~ kontak : twitter @sushii_sp , email: susilo.prasetyo35@yahoo.co.id , tumblr : http://susilopra.tumblr.com/

Minggu, 07 Oktober 2012

Pengenalan Bisnis dan Etika Bisnis


CHAPTER 1
Lingkungan Bisnis

Key Terms
·         Free Interprise artinya usaha pribadi merupakan sistem bisnis yang mana setiap individu bebas menentukan apa yang akan diproduksi, bagaimana memproduksinya, dan berapa harga jual barang hasil produksinya.
·         Cultural (or workplace) diversity artinya perbedaan budaya (tempat kerja) yaitu perbedaan antara setiap orang dalam bekerja yang meliputi ras, etnik, dan gender.
·         Business artinya bisnis yaitu kemampuan seseorang dalam mengatur untuk memproduksi dan menjual, memperoleh keuntungan, barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan orang banyak.
·         Profit artinya keuntungan yaitu sisa hasil usaha setelah semua beban usaha sudah dikurangi dari pendapatan penjualan.
·         Stakeholders artinya pemegang saham yaitu semua orang atau kelompok orang yang dipengaruhi oleh aturan dan keputusan yang dibuat oleh organisasi.
·         Economics artinya ilmu ekonomi yaitu ilmu mengenai bagaimana kekayaan diciptakan dan didistribusikan.
·         Microeconomics artinya ekonomi mikro yaitu ilmu mengenai kepututsan dibuat oleh setiap orang dan bisnis.
·         Macroeconomics artinya ekonomi makro yaitu ilmu mengenai ekonomi nasional dan ekonomi dunia.
·         Economy artinya ekonomi yaitu cara yang orang lakukan dengan kreatif dan distribusi kekayaan
·         Factor of production artinya faktor produksi yaitu sumber daya yang digunkan untuk menghasilkan barang dan jasa.
·         Entrepreneur artinya pengusaha yaitu seseorang yang mengorbankan waktu, usaha, dan uang untuk memulai dan menjalankan bisnis.
·         Capitalism artinya sistem kapitalis yaitu sistem ekonomi yang mana setiap individu memiliki dan menjalankan semua bisnis yang menyediakan barang dan jasa.
·         Invisible hand yaitu teori yang diciptakan oleh Adam Smith untuk menjelaskan bagaimana seseorang dapat memperoleh keuntungan lain dan ekonomi ekonomi suatu Negara.
·         Market economy artinya ekonomi pasar yaitu sebuah sistem ekonomi yang mana bisnis dan individu memutuskan untuk memproduksi dan membeli apa, dan pasar menentukan kuantitas penjualan dan harga.
·         Mixed economy artinya ekonomi campuran yaitu sistem ekonomi yang menunjukkan unsur-unsur dari sistem kapitalisme dan sosialisme.
·         Consumer products artinya barang konsumen yaitu barang dan jasa yang dibeli oleh individu untuk konsumsi pribadi.
·         Command economy artinya perintah ekonomi yaitu sistem ekonomi dimana pemerintah memutuskan barang dan jasa yang akan diproduksi, bagaimana mereka akan diproduksi, disediakan untuk siapa barang dan jasa akan diproduksi, dan siapa yang memiliki dan mengontrol faktor utama produksi.
·         Productivity artinya produktivitas yaitu tingkat rata-rata output (hasil produksi) oleh setiap pekerja per jam.
·         Gross Domestic Product (GDP) artinya Produk Domestik Bruto yaitu total nilai dollar semua barang dan jasa dihasilkan oleh semua orang dalam batas-batas suatu negara selama periode satu tahun.
·         Inflation artinya inflasi yaitu kenaikan tingkat harga secara umum.
·         Deflation artinya deflasi yaitu penurunan tingkat harga secara umum.
·         Unemployment rate artinya pengangguran rata-rata yaitu prosentase buruh nasional yang menganggur dalam kurun waktu tertentu.
·         Consumer Price Index (CPI) artinya Indeks Harga Konsumen yaitu ukuran perubahan harga barang yang dibeli oleh konsumen dalam periode tertentu.
·         Producer Price Index (PPI) artinya Indeks Harga Produsen yaitu ukuran harga yang produsen terima atas hasil produk mereka.
·         Business cycle artinya siklus bisnis yaitu siklus yang menjelaskan terulangnya periode pertumbuhan dan resesi dalam kegiatan ekonomi suatu Negara.
·         Recession artinya resesi yaitu dua atau lebih periode tiga bulan berturut-turut penurunan di Negara GDP.
·         Depression artinya depresi yaitu resesi parah yang berlangsung lebih lama dari resesi khas.
·         Fiscal policy artinya kebijakan fiscal yaitu pemerintah berpengaruh pada jumlah tabungan dan pengeluaran, dicapai dengan mengubah struktur pajak dan dengan mengubah tingkat pengeluaran pemerintah.
·         Federal deficit artinya deficit federal yaitu kekurang dibuat ketika pemerintah federal menghabiskan lebih pada tahun fiskal maka terima
·         Nation debt artinya debet nasional yaitu total dari semua deficit federal.
·         Perfect (or pure) competition  artinya persaingan sempurna yaitu situasi pasar dimana terdapat banyak pembeli atau penjual yang powerful cukup untuk mempengaruhi harga produk
·         Supply artinya penawaran yaitu jumlah barang yang produsen akan jual pada tingkat harga tertentu.
·         Demand artinya permintaan yaitu jumalh barang yang pembeli akan beli pada tingkat harga tertentu.
·         Market price artinya harga pasa yaitu harga dimana jumlah permintaan sama dengan jumlah penawaran.
·         Monopolistic competition artinya persaingan monopolistik yaitu situasi pasar dimana ada banyak pembeli bersama dengan jumlah yang relative besar penjual yang membedakan produk mereka dari produk kompetisi
·         Product differentiation artinya diferensiasi produk yaitu proses mengembangkan dan mempromosikan perbedaan antara produk yang satu dan semua produk yang sejenis.
·         Oligopoly artinya oligopoly yaitu sebuah pasar atau industry dimana terdapat sedikit penjual.
·         Monopoly artinya monopoli yaitu sebuah pasar atau industry yang hanya ada satu penjual dan tidak mudah perusahaan baru untuk memasukki industry (pasari ini).
·         Natural monopoly artinya monopoli alami yaitu suatu industry yang membutuhkan investasi besar dalam modal dan dimana setiap duplikasi fasilitas akan boros dan dengan demikian tidak untuk kepentingan umum.
·         Standard of living artinya standar hidup yaitu ukuran, perhitungan secara subjektif dari seberapa baik individuu atau suatu masyarakat, terutama dalam hal ingin kepuasan melalui barang dan jasa.
·         Barter artinya barter yaitu sitem pertukaran dimana barang dan jasa dijual langsung dengan barang dan jasa lain tanpa menggunakan uang.
·         Domestic system artinya system domestik yaitu sebuah metode metode manufaktur di mana pengusaha mendistribusikan bahan baku untuk berbagai rumah tangga, di mana rumah tangga mengolahnya menjadi barang jadi yang akan ditawarkan untuk dijual oleh pengusaha pedagang.
·         Factory system artinya system pabrik yaitu sistem manufaktur di mana semua bahan, mesin, dan pekerja diminta untuk memproduksi barang yang dibuat di satu tempat.
·         Specialization artinya pengususan yaitu pemisahan proses manufaktur menjadi tugas-tugas yang berbeda dan tugas dari individu-individu yang berbeda.
·         E-business artinya e-bisnis yaitu individu yang memproduksi dan menjual barang melalui internet, untuk keuntungan, barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan orang banyak.
·         Service economy artinya pelayanan ekonomi yaitu suatu ekonomi dimana usaha lebih dikhususkan untuk produksi jasa daripada produksi barang.
·         Sustainability artinya keberkelanjutan yaitu memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.




CHAPTER 2
ETIKA DALAM BISNIS

Key Terms
·         Ethics artinya etika yaitu studi mengenai benar dan salah dan moralitas pilihan yang dibuat oleh individu.
·         Business ethics artinya etika bisnis yaitu penerapan standar moral dalam situasi bisnis.
·        Sarbanes-Oxley Act of 2002 artinya Undang-undang Sarbanes Oxley tahun 2002 memberikan perlindungan hukum menyapu baru bagi karyawan yang melaporkan pelanggaran perusahaan.
·         Code of ethics artinya kode etik yaitu panduan untuk berperilaku yang dapat diterima dan etis sesuai yang telah ditentukan oleh organisasi.
·         Whistle blowing yaitu tindakan seorang pekerja yang memberikan informasi kepada pers atau pejabat pemerintah tentang praktik yang tidak etis dalam suatu organisasi.
·         Social responsibility artinya tanggung jawab sosial yaitu pengakuan bahwa kegiatan usaha berdampak pada masyarakat dan mempertimbangkan dampak tersebut dalam pengambilan keputusan bisnis.
·         Caveat emptor berasal dari bahasa latin yang berarti membiarkan pembeli berhati-hati.
·     Economic model of social responsibility artinya Model ekonomi pada tanggung jawab sosial yaitu pandangan bahwa masyarakat akan paling mendapatkan keuntungan ketika bisnis dibiarkan sendiri untuk memproduksi dan memasarkan produk-produk yang menguntungkan kebutuhan masyarakat itu.
·      Socioeconomic model of social responsibility artinya model sosio ekonomi pada tanggung jawab sosial merupakan konsep bahwa bisnis harus menekankan tidak hanya pada keuntungan tetapi juga dampak dari keputusan terhadap masyarakat.
·      Consumerism artinya onsumerisme adalah semua kegiatan yang dilakukan untuk melindungi hak-hak konsumen.
·      Minority artinya minoritas adalah suatu ras, agama, kelompok politik, nasional, atau grup lain yang dianggap berbeda dari grup yang lebih besar dan yang merupakan bagian yang sering dipilih untuk perlakuan yang tidak menguntungkan.
·      Affirmative action program merupakan rencana yang dirancang untuk meningkatkan jumlah karyawan minoritas pada semua tingkatan dalam suatu organisasi.
·      Equal Employment Opportunity Commission (EEOC) yaitu sebuah badan pemerintah dengan kekuasaan untuk menyelidiki keluhan diskriminasi pekerjaan dan kekuatan untuk menuntut perusahaan yang mempraktekkannya.
·      Hard-core unemployed adalah pekerja dengan pendidikan sedikit atau pelatihan kejuruan dan sejarah panjang pengangguran.
·      National Alliance of business artinya Nasional aliansi bisnis (NAB) yaitu sebuah program bisnis pemerintah bersama untuk melatih para  hard-core unemployed.
·      Pollution artinya polusi adalah pencemaran air, udara, atau tanah melalui tindakan orang-orang dalam masyarakat industri.
·      Social audit artinya sosial audit adalah laporan yang komprehensif  dari apa yang organisasi telah lakukan dan sedang melakukan berkenaan dengan isu-isu sosial yang mempengaruhinya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar