A.
LANDASAN
PENDIDIKAN PANCASILA
1. Landasan Historis
Pancasila
merupakan ideologi dan pandangan hidup yang digali dari bangsa Indonesia
sendiri yang hidup dan telah tumbuh serta berkembang sejak lahirnya bangsa
Indonesia.
2. Landasan Kultural
Pancasila
sebagai kepribadian dan jati diri bangsa Indonesia merupakan pencerminan nilai-nilai yang telah
lama tumbuh dalam kehidupan bangsa Indonesia.
3. Landasan Yuridis
·
UU
No. 2 Tahun 1989 Pasal 39 ayat 2
·
Keputusan
Mendiknas No. 232/U/2000
·
PP
No. 60 Tahun 1999
·
Keputusan
Dirjen Dikti No. 265 Tahun 2000
4. Landasan Filosofis
B.
TUJUAN
PENDIDIKAN PANCASILA
1. Tujuan Nasional
Pancasila
sebagai ideologi dan falsafah bangsa Indonesia sangat penting dalam menentukan
tercapainya tujuan nasional.
2. Tujuan Pendidikan Nasional
Pancasila
bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan meningkatkan mutu kehidupan dan
martabat manusia Indonesia.
3. Misi dan Visi Pendidikan
Pengembangan Kepribadian
· Misi
: sebagai sumber nilai dan
pedoman bagi penyelenggara program studi.
·
Visi
: mewujudkan nilai dasar agama
dan kebudayaan.
4. Kompetensi Pendidikan Pancasila
a.
Mengantarkan
mahasiswa mampu untuk mengambil sikap bertanggung jawab sesuai hati dan nuraninya.
b.
Mengantarkan
mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengenali masalah hidup dan kesejahteraan,
serta cara-cara pemecahannya.
c.
Mengantarkan
mahasiswa mampu mengenali perubahan-perubahan dan perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni.
d.
Mengantarkan
mahasiswa memiliki kemampuan untuk memaknai peristiwa sejarah dan nilai-nilai
budaya bangsa untuk menggalang persatuan Indonesia.
5. Dasar substansi kajian Pendidikan
Pancasila
a.
Landasan
dan tujuan pendidikan pancasila
b.
Pancasila
sebagai filsafat
c.
Pancasila
sebagai etika politik
d.
Pancasila
sebagai ideologi nasional
e.
Pancasila
dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia
f.
Pancasila
dalam konteks ketatanegaraan RI
g.
Pancasila
sebgai paradigma kehidupan dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara.
6.
Metodologi
Pembelajaran Pendidikan Pancasila
a.
Pendekatan : menempatkan mahasiswa sebgai
subjek pendidikan, mitra dakam proses pembelajaran dan sebagai umat, anggota
keluarga, masyarakat dan warga negara.
b.
Metode proses pembelajaran : pembelajaran secara kritis,
induktif, deduktif, dan reflektif melalui dialog kreatif yang bersifat
partisipatoris untuk meyakini kebenaran substansi dasar kajian.
c.
Bentuk aktivitas proses
pembelajaran :
kuliah tatap muka, ceramah, dialog interaktif, studi kasus, penugasan mandiri,
seminar kecil, dan evaluasi balajar.
d. Motivasi : menumbuhkan kesadaran bahwa proses belajar
mengembangkan kepribadian merupakan kebutuhan hidup.
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.